Pusat Informasi dan Komunikasi

Pusat Informasi dan Komunikasi BPK RI merupakan tempat/sarana pengelolaan dan pelayanan informasi publik BPK RI. Berdasarkan UU No. 14, BPK RI berkewajiban memberikan informasi kepada masyarakat, sepanjang tidak diklasifikasikan sebagai informasi yang dikecualikan, yang diatur dalam Peraturan Sekjen No 1 Tahun 2018.

A. PERSYARATAN

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi pemohon informasi publik untuk memperoleh informasi publik adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Mengisi Formulir Permintaan Informasi;
  3. Menunjukkan identitas diri (KTP/SIM/ID Card) dan/atau melampirkan photocopy identitas diri;
  4. Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik dengan mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  5. Jika berasal dari Instansi/Lembaga maka harus menyertakan surat permohonan tertulis dari Instansi/Lembaga yang bersangkutan terkait tujuan permintaan data hasil pemeriksaan untuk menghindari penyalahgunaan data.

B. PROSEDUR

Dalam rangka pelayanan informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui PIK menyediakan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi publik melalui tiga cara berikut:

  1. Datang langsung ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Aceh. Pemohon dapat mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan surat permintaan dan photocopy identitas diri (sesuai persyaratan).
  2. Mengajukan permohonan melalui surat/e-mail. Pemohon dapat mengisi formulir permintaan informasi publik (formulir dapat di-download pada point D laman ini) dan melengkapi formulir dengan photocopy identitas diri sesuai persyaratan. Dokumen tersebut dapat dikirim ke e-mail atau alamat Pusat Informasi dan Komunikasi BPK Perwakilan Provinsi Aceh sebagai berikut:
    Pusat Informasi dan Komunikasi BPK Perwakilan Provinsi Aceh
    Subbagian Hubungan Masyarakat dan Tata Usaha Kepala Perwakilan
    Jl. Panglima Nyak Makam No. 38 Banda Aceh Kodepos 23116
    Telepon : (0651) 32627 ext. 124
    Faksimili : (0651) 21166
    E-mail : perwakilan.aceh@bpk.go.id
    Website : bandaaceh.bpk.go.id
  3. Mengajukan permohonan melalui E-PPID BPK RI yang dikelola langsung oleh BPK Pusat. Layanan ini merupakan sarana layanan online bagi pemohon informasi publik sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Badan Pemeriksa Keuangan RI.

C. WAKTU PELAYANAN INFORMASI

Waktu pemberian pelayanan informasi publik di BPK RI dilaksanakan pada hari kerja, yaitu Senin-Jumat dengan Jam Operasional sebagai berikut:
1. Senin – Kamis : 09.00 – 15.00 WIB (Ishoma : 12.00 – 14.00 WIB)
2. Jumat : 09.00 – 15.00 WIB (Ishoma : 11.30 – 14.00 WIB)

D. PERMINTAAN INFORMASI

» download formulir

E. LAPORAN

» Hasil Kuesioner Pelayanan PIK Semester I 2016

» Hasil Kuesioner Pelayanan PIK Semester I 2017

F. ALUR PERMINTAAN INFORMASI